PKTD Tahun 2024 Gencar Dilaksanakan Pemdes Jayalaksana

ANALISTIKnews.com||Kabupaten Bekasi _Program Padat karya Tunai (PKTD) yang dilaksanakan Pemerintah Desa Jayalaksana Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi dalam beberapa hari ini gencar dilaksanakan.

Program yang mengarah kepada kebersihan lingkungan serta perbaikan-perbaikan saluran irigasi dilakukan dengan memanfaatkan tenanga masyarakat setempat yang notabene kehilangan pekerjaan pasca covid 19.

Alhamdulillah program ini bisa berjalan dengan lancar. Selain lingkungan bisa tertata rapih dan bersih, program padat karya ini juga sangat membantu memulihkan perekonomian masyarakat diDesa Jayalaksana pasca covid 19 karena ini bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat” ucap Irwansyah Kepala Desa Jayalaksana Kecamatan Cabangbungin. Jumat 05/04/2024.

Program Padat Karya Tunai itu sendiri adalah program pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa yang bertujuan mengurangi angka pengangguran pasca covid 19.

Program PKTD juga memberikan kesempatan kerja sementara bagi masyarakat desa, sehingga menciptakan kegiatan yang berdampak pada peningkatan pendapatan tanpa sepenuhnya menggantikan pekerjaan yang lama.

PKTD difokuskan pada pembangunan sarana prasarana perdesaan atau pendayagunaan sumberdaya alam secara lestari berbasis pemberdayaan masyarakat berdasarkan rencana kerja yang disusun sendiri oleh Desa sesuai dengan kebutuhan lokal.

“Dalam hal ini, kita melibatkan masyarakat lokal dengan bertujuan dapat memberikan pekerjaan sementara atau bisa diartikan memberikan tambahan penghasilan bagi masyarakat” ungkapnya.

Mekanisme dalam penentuan upah dan pembagian upah itu sendir dibangun secara partisipatif dalam musyawarah Desa, sehingga memerlukan partisipasi aktif dari masyarakat.

(Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *