“BRI Menanam”, Ratusan Pohon Produktif Diberikan Kepada Nasabah

ANALISTIKnews||Kab Bekasi_Dalam rangka mewujudkan prinsif lingkungan, sosial dan tata kelola perusahaan (LST) pada Selasa tanggal 05 September tahun 2023 lalu, pihak BRI Kantor Cabang Tambun melalui BRI Unit Cabangbungin dan BRI Unit Mangunjaya telah salurkan sebanyak 440 bibit tanaman jenis buah-buahan dan tanaman keras lainnya untuk kemudian dapat ditanam dilahan Desa atau dilahan nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Untuk diwilayah unit Cabangbungin, bibit tanaman tersebar di tiga Desa, yaitu Desa Lenggahjaya, Sindangsari dan Jayabakti. Sedangkan untuk diwilayah Mangunjaya bibit-bibit pohon diberikan kepada nasabah diwilayah Desa Sumberjaya Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi.

Dok. Penyerahan bibit tanaman secara Simbolis

Bantuan bibit tanaman tersebut Secara simbolis diserahkan melalui tangan pemerintah Desa, selain untuk dapat ditanam dilahan Desa bantuan bibit juga untuk diberikan kepada para nasabah KUR dengan tujuan tanaman tersebut dapat menghasilkan atau dapat menjadi sumber tambahan ekonomi masyarakat dikemudian hari.

Program “BRI Menanam” tersebut sebagai langkah lanjut dari inisiatif PT Bank Rakyat Indonesia Tbk yang dilatarbelakangi atas dasar program Bank yang memiliki focus pada segmen usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).Mengutip dari laman CNBC Indonesia, Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, program BRI menanam diharapkan menjadi lokomotif aspek ekonomi, lingkungan dan sosial bagi masyarakat.

“Nasabah yang berhak mendapat kredit, harus berkomitmen menanam dan merawat bibit yang kami berikan. Harapan kami dua tahun lagi ini terus on going dan dapat lebih efektif menyerap karbon,” ujar Sunarso dalam keterangan tertulis, Rabu (21/9/2022).

Disitu dipaparkan, program “BRI Menanam” telah menjangkau 1.072 Desa BRILian yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Adapun jumlah bibit pohon yang tersalurkan telah mencapai 376.959 bibit pohon ditahun 2022.

BRI akan terus melanjutkan program tersebut dan akan menargetkan penanaman lebih dari 1,75 Juta pohon produktif yang dilakukan secara bertahap, dan untuk tahun ini BRI akan menyediakan sekitar 1 juta bibit lagi untuk didistribusikan kepada nasabah.Disisi lain, Pada saat diwawancarai media ANALISTIKnews, F Arjuna Wijaya kepala unit Cabang BRI Cabangbungin sedikit menjelaskan program tersebut dilakukan bukan hanya focus pada segmen usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) semata, Program penanaman pohon ini juga mengarah pada pelestarian lingkungan, karena manfaat pohon bagi keberlangsungan hidup manusia sangatlah banyak, selain sebagai pemasok oksigen terbesar pohon juga berfungsi sebagai penyaring udara dari polusi.

“Program BRI menanam dilakukan bukan ditahun ini saja, ditahun sebelumnya juga BRI telah dijalankan” jelas Kepala Unit BRI Cabangbungin dikantornya kamis 14 September 2023.

“Kegiatan ini bukan hanya mengarah kepada segmen usaha saja, pemberian bibit tanaman ini juga adalah upaya pelestarian lingkungan. Karena menanam pohon banyak sekali manfaatnya bagi keberlangsungan hidup manusia” tutupnya.

(Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *