Kontraktor Utara Kecewa, Dinas diKabupaten Bekasi Batalkan Lelang Tanpa Penjelasan

ANALISTIKnews||Kab Bekasi_ Persatuan para kontraktor yang menamakan dirinya Persatuan Kontraktor Utara (PAKAR) kecewa dengan Dinas Cipta Karya Kabupaten Bekasi.

Seperti yang dilontarkan Zaini afandi selaku Humas PAKAR, Dinas Cipta karya Kabupaten Bekasi semena-mena dalam mengambil keputusan pembatalan lelang, menurutnya Selain melanggar aturan, pembatalan juga berpotensi memunculkan gugatan hukum.

“sesuai Peraturan Presiden (Perpres) No 54/2010, lembar dokumen pengadaan (LDP) maupun persyaratan lelang yang sudah dilepas ke penyedia tak boleh di batalkan secara sepihak” Jumat (21/07/2023)”Perubahan persyaratan, hanya bisa dilakukan maksimal sampai tahapan penjelasan pekerjaan (aanwijzing) saja.” Jelasnya.

Dok. Zaini Afandi, Humas PAKAR

Zaini melanjutkan, Pembatalan lelang tidak berdasar dan tanpa alasan yang jelas. Seharusnya setiap keputusan yang diambil itu harua melakui langkah-langkah atau perosedur yang berlaku sesuai amanat undang-undang.

“Mengacu pada Pasal 85 Perpres itu, apabila lima hari setelah pengumuman tidak ada sanggahan, maka pada hari keenam, harus diterbitkan surat penunjukan penyedia barang dan jasa (SP2BJ). pembatalan lelang ini tidak didasari dengan alasan yang jelas, hanya berdasarkan nomor surat dari dinas terkait, sementara dalam masa evaluasi perusahaan dari anggota kami menempati nomor urut terendah, yang selayaknya menjadi calon pemenang tender, berdasarkan isi dari dokumen lelang” ujarnya.

Mencermati kasus di kabupaten bekasi menurut zaini, pokja pada unit lelang pengadaan(ULP) )seharusnya memberikan penjelasan terkait pembatalan lelang kepada peserta tender , Kalaupun harus ada evaluasi ulang, PA hanya sebatas memediasi antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Pokja atau Lembaga Pengadaan Barang dan Jasa (LPBJ) untuk menentukan

“Kalaupun harus ada evaluasi ulang, PA hanya sebatas memediasi antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Pokja atau Lembaga Pengadaan Barang dan Jasa (LPBJ) untuk menentukan” tutupnya.

(Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *