Tingkatkan SDM, Desa Karang Baru Bimtek Kadus Dan RT/RW

ANALISTIKnews||Bogor_Seorang Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) mempunyai tugas, fungsi dan kewenangan yang berat dalam turut serta menjalankan roda pemerintahan di tingkat Desa. Dalam hal ini RT dan RW merupakan sebuah Lembaga Kemasyarakatan Desa yang bertugas membantu Pemerintah Desa sekaligus menjadi mitra dalam memberdayakan masyarakat. 24 Juni 2023

RT/RW itu sendiri adalah lembaga yang berhubungan langsung dengan masyarakat yang memiliki fungsi sebagai perantara atau kepanjangan tangan Kepala Desa sebagai penyampai kebijakan, program, dan kegiatan-kegiatan pemerintah Desa.Demi dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik serta bekerja sesuai dengan aturan dan undang-undang, setiap ketua RT/RW dan kepala Dusun dianggap perlu mendapatkan pembinaan dan bimbingan.

Tujuannya diadakannya Bimbingan Taknis ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi para RT dan RW dalam peningkatan pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), kemampuan (ability), serta sikap / tingkah laku (attitude) sehingga dapat meningkatkan performansi dalam menjalankan operasionalisasi Pemerintahan Desa.

Mengacu pada hal tersebut, Komarudin Ambarawa HM sekali kepala Desa Karangbaru Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi menggelar kegiatan Peningkatan Kapasitas Kepala Dusun serta Para ketua RT/RW yang bertempat di Hotel Yasmin Bogor. 25 juni 2023.

Dok. kepala Desa Karang Baru beserta Kasi Tata Pemerintahan dan Pendamping Desa.

Menurutnya hal ini sangat penting dilakukan demi meningkatkan sumber daya manusia (SDM) agar menambah kemampuan dan pengetahuan seorang ketua RT/RW Sehingga pada akhirnya mampu menggerakkan roda pembangunan yang harus diiringi kesadaran akan pemahaman spirit rekognisi dan subsidiaritas atau otonomi bagi seluruh penggerak warga desa dan kapasitas para pemangku desa juga masyarakat dalam memahami tata kelola pemerintahan desa.

bimbingan teknis ini diharapkan mampu memberikan pelajaran bagi para ketua RT/RW untuk meningkatkan kualitas serta sumber daya manusia (SDM) agar dapat menjalankan tugas dan fungsi dengan baik yang sesuai dengan aturan dan Undang-undang” ucap Kades KarangBaru didepan peserta Bimtek.

Dihadiri 21 peserta yang terdiri dari 15 ketua RT, 3 Ketua RW dan 3 kepala dusun, mereka menjalani bimbingan teknis selama 2 (dua) hari 1 (satu) malam, dengan pemateri dari unsur pemerintahan Kecamatan dan pendamping Desa.

(Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *