Cabangbungin Jadi Miniatur Burangkeng

ANALISTIKnews || Kabupaten Bekasi – Sungguh Tak sedap dipandang mata, gundukan sampah menjadi pemandangan yang tidak mengenakkan. Berlokasi dikaki tanggul Citarum Desa Setialaksana Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi, sampah rumah tangga menumpuk dibiarkan begitu saja dan bahkan diduga menjadi penampungan sampah terakhir.

Sampah yang berjenis sampah rumah diduga dibuang dengan sengaja oleh oknum setiap harinya hingga menumpuk dan membusuk, akhirya sampah tersebut menggunung dan mengeluarkan aroma tak sedap sehingga mengganggu masyarakat dikala melintas di area tersebut.

Lokasi yang dahulu hanya Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sementara, saat ini terlihat tidak ubahnya miniatur Burangkeng. Terlihat jelas, Sampah menumpuk yang hampir menyamai tinggi kaki tanggul Citarum, kini mulai meresahkan masyarakat sekitar.

Bukan hanya merusak pemandangan, aroma tak sedap yang ditimbulkan dari sampah rumah tangga kini mulai mengganggu penciuman warga.

Dituturkan Samsul Rizal(37) warga sekitar, lokasi pembuangan sampah tersebut telah ada sejak lama, sampah yang bersumber dari masyarakat ditampung sementara untuk kemudian diangkut, tetapi pada akhirnya malah seperti tempat pembuangan sampah permanen tidak ubahnya seperti Burangkeng.

“Pada awalnya itu hanya penampungan sementara, untuk kemudian diangkut dengan kendaraan (truk sampah), tapi lama-kelamaan sampah malah menumpuk dan kini tingginya sampai menyamai tanggul Citarum. ini tidak bisa dibiarkan, sebab kalau dibiarkan tidak menutup kemungkin akan menggunung, sebab sampah tidak akan habis kalau hanya dengan cara dibakar” ujar Samsul Rizal salah satu warga sekitar yang kesehariannya sering melintas di area tersebut. 03 Juni 2022

Persoalan Sampah memang menjadi masalah yang cukup pelik. Pasalnya, permasalahan sampah tidak pernah kunjung usai karena produksi sampah tidak pernah berkurang dan bahkan meningkat. Hal ini perlu adanya tindakan serius dan inensif dari Pemerintah, sebelum menjadi dampak serius bagi masyarakat.

Dampak persoalan sampah bukan sekedar hanya merusak pemandangan, akan tetapi sampah menjadi pemasok terbesar penyebab datangnya wabah penyakit.

“Bukan hanya mengganggu pandangan mata, aroma tak sedap yang ditimbulkan dari sampah rumah tangga sangat menggangu penciuman apabila melintas diarea tersebut, bisa jadi kalau dibiarkan begitu saja bisa menjadi sumber penyakit ” tambahnya.

Dapat dijelaskan, membuang sampah yang bukan tempatnya akan berdampak pada lingkungan karena merusak pemandangan dan menimbulkan aroma tak sedap dan yang lebih fatal, bisa berdampak pada kesehatan manusia.

(Sj/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *