Banjir Melanda 18 Kecamatan, Ermin : Pemkab Bekasi Lalai

ANALISTIKNEWS.com||Kab Bekasi_Musibah banjir yang melanda 18 (delapan belas) Kecamatan di Kabupaten Bekasi meninggalkan dampak yang sangat luar biasa bagi masyarakat.

Bukan hanya rumah yang terendam air, tertutupnya akses bagi para pelaku usaha menyebabkan mereka sulit untuk mengais rejeki. Lebih parahnya lagi ribuan hektar sawah gagal panen akibatnya ratusan petani merugi.

Banjir dapat didefinisikan sebagai luapan air dalam skala besar yang menutupi daratan, disebabkan oleh curah hujan yang tinggi atau karena air laut yang pasang. Banjir juga bisa terjadi karena kondisi permukaan tanah yang lebih rendah dari laut, atau letak wilayah dengan pengaliran air keluar yang sempit. Selain itu, penyebab banjir juga sering dikarenakan ulah tangan manusia yang tidak bertanggung jawab.

Banjir yang melanda 18 Kecamatan diwilayah Kabupaten Bekasi kali ini, sebagian masyarakat beranggapan bencana kali ini bukan hanya karena faktor alam saja. akan tetapi hal ini juga diduga ditunjang adanya kelalaian Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam pemanfaatan ruang ( alih fungsi lahan).

Dok. Suhermin Salah satu tokoh Pemuda kabupaten Bekasi

“Tata ruang kabupaten Bekasi saat ini semrawut, banyak pelaku usaha yang sudah melanggar ketentuan atau aturan yang sudah dibuat Pemerintah Daerah” ucap Suhermin, salah satu pemuda Bekasi yang terdampak banjir. Selasa 07 Maret 2023

Pemuda yang selalu aktif di setiap kegiatan kepemudaan ini menganggap, Pemerintah Daerah Kurang optimal dalam proses penanggulangan atau penanganan antisipasi banjir, sehingga banjir ditiap tahunnya kerap terjadi diKabupaten Bekasi.

“Bencana alam yg di alami Masyarakat Kabupaten Bekasi yang sudah hampir 2 Pekan ini, bukan hanya semata-mata Bencana alam saja, akan tetapi ini adalah salah satu bentuk Kelalaian Pemerintah Kabupaten Bekasi” lanjutnya.

Pendangkalan sungai dan menyempitnya saluran-saliran air serta mengurangnya serapan air akibat banyak berdirinya perusahaan-perusahaan dan pengembang perumahan yang melanggar aturan yang sudah dibuat Pemerintah, dia juga menganggap ini adalah salah satu faktor yang mendominasi kenapa banjir dikabupaten Bekasi kerap terjadi.

(Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *