PANWASCAM Cabangbungin Melantik 8 Anggota PKD

ANALISTIKNEWS.com || Kab Bekasi_Panitia Pengawas Kecamatan (PANWASCAM) Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi melantik delapan (8) anggota Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa atau biasa disebut (PKD) di aula kantor Camat Cabangbungin.

Merujuk pada Pasal 92 Ayat (4) Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu, Jumlah Panwaslu Kelurahan Desa atau PKD itu sendiri sebanyak 1 orang anggota di setiap Kelurahan/Desa ditiap-tiap Kecamatan.

Dok. Anggota PKD di tiap-tiap Desa Sekecamatan Cabangbungin

Setelah melalui proses seleksi yang cukup rumit dalam melakukan penjaringan, terpilihlah anggota keterwakilan di tiap Desa di Cabangbungin yang berjumlah 8 orang.

Dalam menjalani proses awal dari tahapan-tahapan yang ditentukan, Tepat hari ini, Minggu 05 Januari 2023, PANWASCAM Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi melantik sekaligus melakukan kegiatan Mimbingan Teknis, penyuluhan tentang teknis mekanisme kerja PKD.

Dikutip dalam sebuah sambutan pada saat kegiatan berlangsung, Andi Heryana ketua Panwascam Kecamatan Cabangbungin berpesan, dalam menjalankan tugasnya setiap PKD harus terus berkomunikasi agar segala informasi tentang tahapan pemilu selalu terpantau, guna menjaga ketertiban dan kelancaran proses PEMILU.

” Jalankan komunikasi dengan baik, dan selalu berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait” ujar ketua Panwascam. Minggu 05 Februari 2023.

Dapat dijelaskan, PKD dibentuk untuk mengawasi Penyelenggaraan Pemilu di tingkat Kelurahan/Desa ditiap-tiap Kecamatan dimasing-masing Kabupaten/Kota. Dan PKD itu sendiri bersifat adhoc yaitu penyelenggara Pemilu yang bersentuhan langsung dengan peserta atau penyelenggara Pemilu. Bekerja di tingkat bawah yang bersifat sementara, sebagai ujung tombak dalam bidang pengawasan pemilu.

(Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *