Tanaman Liar Sejuta Manfaat

ANALISTIK.COM – Pohon Kersen atau biasa dikenal pohon seri adalah tanaman yang sering kali dijumpai di pinggir jalan dan bahkan dapat dikategorikan sebagai tanaman liar.

Tanaman dengan nama latin muntinga calabura ini, diketahui sangat bermanfaat dan khasiatnya sangat luar biasa bagi kesehatan manusia. Namun sayangnya masih banyak sekali orang-orang yang belum mengetahui manfaat pohon seri atau kersen.

Pohon dengan buah berbentuk bulat berukuran kecil dengan rasa yang manis ini mudah sekali ditemukan. Dan biasanya pohon ini merupakan jenis tanaman yang bisa tumbuh diperkarangan rumah karena bentuknya Yang rindang sering dimanfaatkan untuk berdetuh.

Bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk berteduh, daun pohon seri/kersen juga dapat digunakan sebagai rempah-rempah dan obat herbal dan banyak yang mengatakan daun seri bisa bermanfaat untuk mengurangi kadar gula darah dan lain-lain seperti antihipertensi, antiseptic, antitumor dan untuk kecantikan.

Dilansir dari Sumbarprov.go.id, dalam sebuah artikel ‘yal Aziz’ menerangkan daun seru membantu pengurangan kadar gula dalam darah. Kadar gula dalam darah tergantung seberapa efektif insulin merombak glukosa menjadi gula sederhana dan energi. Kadar insulin harus mencukupi untuk perombakan ini. Senyawa kelompok flavonoid dan saponin mendorong produksi insulin sampai kadar yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan demikian, kadar gula dalam darah bisa terkontrol dan berada pada kisaran normal.

Dan yang tak kalah pentingnya, daun seri berguna juga untuk menghambat dan mematikan perkembangan sel-sel kanker, karena senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan seperti pada kelompok senyawa flavonoid, saponin, alkaloid, tannin, vitamin C, dan mineral bersama-sama menghambat perkembangan sel-sel kanker. Kemudian antioksidan akan menangkap zat-zat yang bersifat radikal bebas di tubuh dan menetralkannya yang selanjutnya dieksresikan melalui berbagai jaringan. Radikal bebas ini merupakan pemicu terbentuknya sel-sel abnormal.

Selanjutnya daun seri ternyata mampu menjaga fungsi-fungsi otot jantung supaya bisa bekerja dengan normal. Kerja otot jantung yang baik akan membuat denyut jantung normal sehingga jauh dari risiko terkena serangan jantung.

Manfaat lainya daun seri, diantaranya :

1. Mematikan bakteri,

2. Membantuk mengurangi kadar kolesterol jahat,

3. Mendukung program diet,

4. Memperlancar sirkulasi darah,

5.Mengurangi rasa nyeri,

6. Antioksidan,

7.Menambah kemampuan daya tahan tubuh,

8. Antikanker,

9. Mencegah stroke,

10. Mencegah penyakit jantung koroner,

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tidak hanya daunnya berdasarkan hasil penelitian diketahui kalau kandungan gizi dari buah seri atau kersen tak kalah dari buah lainnya.

Sebagai contoh dalam perbandingan kandungan vitamin C buah mangga 30 mg, sedangkan buah seri atau kersen 80,5 mg. Kandungan kalsium buah kersen 124,6 miligram, jauh lebih banyak dari buah mangga yang hanya 15 miligram. Kemudian buah seri atau kersen mengandung zat-zat yang sangat penting bagi tubuh manusia. Kandungan buah kersen antara lain setiap 100 gram kersen mengandung air (77,8 gram), protein (0,384 gram), lemak (1,56 gram), karbohidrat (17,9 gram), serat (4,6 gram), abu (1,14 gram), kalsium (124,6 miligram), fosfor (84 miligram), besi (1,18 miligram), karoten (0,019 gram), tianin (0,065 gram), ribofalin (0,037gram), niacin (0,554 gram), dan vitamin C (80,5 miligram). Adapun nilai energi yang dihasilkan 380 KJ/100 gram.

(Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *