Diduga Cacat Mutu Gedung Sekolah Ini Berpotensi Ambruk

Analistiknews||Kab Bekasi_Pembangunan Sekolah Dasar Jayalaksana 04 Desa Jayalaksana Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi  yang saat ini sedang dalam proses pekerjaan diduga Cacat Mutu. Senin 01/08/2022

Pekerjaan pembangunan Ruang Kelas baru yang di kerjaan oleh rekanan Pemerintah Kabupaten Bekasi yaitu PT. RANGGA PRATAMA MANDIRI yang bersumber dari Anggapan Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bekasi dengan Jumlah anggaran Rp. 1.374.667.207,- diduga dikerjakan dengan tidak memperhitungkan kualitas mutu.

Dok. Proses pengecoran dak atas yang menggunakan mixer

Pasalnya tekhnis pengecoran dak atas diduga tidak mengikuti Standar Operasional Prosedur (SOP) sebab dilakukan dengan hanya menggunakan concrete mixer, untuk itu kualitas atau mutu beton tidak dapat  diketahui atau di pertanyakan.

Hal ini sempat di pertanyakan oleh Awak media Analistiknews.com kepada konsultan melalui pesa Wahtsaap, namun tidak ada jawaban.

Tidak sampai disitu,  komunikasi pun kembali dilakukan awak media Analistiknews kepada pengawas. mencoba  guna menanyakan terkait benar atau tidaknya proses pekerjaan yang dilakukan Pihak PT RANGGA PRATAMA MANDIRI, namun pihaknya hanya memberikan nomor kontak pelaksana bukan memberikan jawaban serta menunjukan tugas dan fungsi dirinya sebagai pengawas.

“Ini, nomor pelaksananya” jawab pengawas melalui pesan singkat WhatsApp pada Sabtu 30 Juli 2022.

Melihat kondisi pekerjaan seperti itu, kritik pun muncul dari M Samsul Rizal salah seorang warga setempat, dirinya menilai kalau tekhnis pekerjaan yang dilakukan dengan cara seperti itu, kualitas beton tidak dapat di ukur.

“Untuk dapat menentukan kualitas mutu beton, bgmn cara menghitungnya?” Ucap Samsul Rizal yang rumahnya tidak berjauhan dengan sekolah tersebut. Senin 01/08/2022

“Kalau kualitas beton tidak dapat diukur atau diketahui, apakah bisa menjamin kualitasnya akan bagus. Kalau tidak bagus apakah tidak beresiko dikemudian hari, mengingat sudah banyak buktinya akibat kontruksi yang tidak mengikuti standar, banyak bangunan sekolah yang ambruk. Hal ini berseiko terhadap keselamatan anak didik” ungkapnya.

Dalam hal ini,utu merupakan sasaran pada suatu proyek selain biaya dan waktu yang telah ditentukan. mutu dapat didefinisikan sebagai suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan kualitas produk yang memenuhi bahkan melebihi harapan.

Jadi, dengan mutu yang terjaga dalam suatu bangunan, sama saja mnghidari dari Reiko buruk akan terjadi dikemudian hari.

(Yudi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *