Mengungkap Bau Busuk Dana Desa Di Tambelang

Analistiknews||Kab Bekasi_Aroma dugaan adanya tindak pidana korupsi Dana Desa tahun 2021 di Desa Sukamaju Kecamatan Tambelang Kabupaten Bekasi mulai tercium. Jumat 15/07/2022

Ungkapan Ketua BPD Sukamaju yang tak pernah merasa menandatangani Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintah Desa (LKPPD) tahun 2021 membuat Camat Tambelang Firzawati gusar. pasalnya, dirinya enggan menjelaskan dugaan kegiatan fiktip pada Pemerintah Desa yang ada di wilayah yang di pimpinnnya.

“Ke kasie pem saya aja, Pak Haji Martan (Kasi Pemerintahan Kecamatan Tambelang) Dia ada di kantor. Dia juga pembina desa sukamaju, Sudah saya tugaskan,” kata Firzawati saat dihubungi.

“Langsung ke haji martan (Kasi Pemerintahan Kecamatan Tambelang) aja pak, sama aja jawabannya,”ujar Ia menambahkan. Kamis 14/07/2022

Sementara, Kasi Pemerintahan Kecamatan Tambelang Martan saat dikonfirmasi Dirinya mengaku bukan pimpinan di wilayah Kecamatan Tambelang, bahkan Ia juga bingung kenapa persoalan tersebut ditanyakan kepadanya.

Padahal, sebagaimana Keputusan Bupati Bekasi nomor 970/Kep.95-DPMD/2021 tentang penerimaan desa dari bagi hasil pajak, bagi hasil retribusi dan alokasi dana Desa tahun anggaran 2021 romawi empat huruf (b) Camat diamanatkan memfasilitasi penyelenggaraan keuangan desa yang mencakup perencanaan dan penyusunan APBDesa, Evaluasi APBDesa, Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban APBDesa. Serta melakukan monitoring dan evaluasi di lapangan berkaitan dengan pelaksanaan APBDesa.

“Abang berita dah dimuat kenapa harus tanya saya, dan saya bukan pimpinan bang Saya Kasi di Kecamatan,”kilahnya.

Sebelumnya Ketua BPD Desa Sukamaju Dahlia menjelaskan bahwa ada beberapa kegiatan yang telah dianggarkan dalam pelaporan Perubahan Rencana Anggaran Biaya Tahun Anggaran 2021 pada bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa dengan kegiatan pemeliharaan gedung/prasarana balai Desa/balai kemasyarakatan diduga belum dikerjakan, bahkan menurut dia baru akan dilaksakan ditahun 2022.

“Sebenernya ditahun 2021 sudah deh, Harusnya gitu Untuk monitoring di Kadus 3 RT 09 saya belum tau, kemarin Sekdes bilang untuk Poskamling di Kadus 3, segera” jelas ketua BPD diruangan Kantor BPD Sukamaju. Pada Kamis 07/07/2022.

Kegiatan tersebut diketahuinya belum dilaksanakan hingga saat ini, meskipun anggarannya diserap.

” Harusnya gitu,”singkatnya.

Dia juga menegaskan bahwa ditahun 2021 untuk pembangunan Poskamling belum napak ada pembangunanya. “Untuk pembangunan Poskamling, belum ada” tutupnya.

(Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *