Bangun SDM BPD Muaragembong Adakan Capacity Building Tahun 2022

Analistiknews||Kabupaten Bekasi _Agar sebuah organisasi dapat berkembang dan dapat terus beradaptasi dengan perubahan lingkungan, pembangunan kapasitas (capacity building) SDM menjadi hal yang mutlak dilakukan, seperti halnya yang dilakukan anggota Badan Permusyawaratan Desa Se Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi yang dilaksanakan di hotel Lembah hijau Ciloto Cianjur, pada tanggal 24 sampai dengan 26 Mei 2022.

Secara umum, capacity building dapat diartikan sebagai proses meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan (skills), sikap (attitude) dan perilaku (behaviour) dari SDM. Pembentukan dan pengembangan kapasitas merupakan suatu proses yang dilaksanakan bertujuan untuk menjamin kesinambungan organisasi melalui pencapaian dan sasaran atau target yang diinginkan.

Diadakannya Kegiatan yang mengusung tema Sinergitas Pemerintah Desa Dalam Pemulihan Ekonomi Nasional ini, bertujuan agar kedepannya lembaga BPD Se Kecamatan Muaragembong dapat menciptakan konsep atau regulasi yang sesuai dengan aturan bertujuan dapat mengembangkan, membangun potensi serta meningkatkan perekonomian diwilayah Desa.

Seperti yang di ungkapkan H. Lukman Hakim Camat Muaragembong pada saat pelepasan keberangkatan peserta kegiatan, dia mengatakan dengan diadakannya kegiatan peningkatan kapasitas BPD untuk kedepannya lembaga BPD di Muaragembong bisa menciptakan ide-ide atau konsep yang sesuai dengan aturan dalam mengembangkan suatu wilayah.

Kegiatan yang akan di isi oleh narasumber yang kompeten dari beberapa unsur kelembagaan, dari perwakilan kecamatan, DPMD, Kementerian Desa, dan juga ketua forum BPD Kabupaten Bekasi diharapakan bisa menambah ilmu baru untuk diterapkan di wilayah Desanya masing-masing.”mudah-mudahan secara kelembagaan mampu melahirkan regulasi yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakat Desa” ucap Camat Muaragembong sekaligus melepas keberangkatan peserta kegiatan. 24/05/2022.

Disisi lain, H. Ashari selaku ketua forum BPD Kecamatan muaragembong pasca kegiatan juga menyampaikan bentuk apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh ketua BPD se kecamatan muaragembong, karena berkat soliditas dan komunikasi yang baik agenda kegiatan tersebut bisa direncanakan dan dilaksanakan secara baik pula.

“Terima kasih kepada para seluruh ketua dan anggota BPD Se Kecamatan Muaragembong, Apresiasi yang setinggi-tingginya saya ucapkan, berkat kekompakan dan komunikasi yang baik, kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar” ungkap ketua Forum BPD kecamatan Muaragembong selesai acara.

“Dengan diadakannya kegiatan ini, ilmu serta pengetahuan menjadi bertambah, semoga bekal yang didapatkan hari ini bisa kita implementasikan kepada masyarakat di wilayah Desa kita masing-masing” tutupnya.

(Agas/red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *