Menciptakan Lapangan Kerja, PKTD Kembali Dilakukan Pemdes Setialaksana

AnalistikNews||Kab Bekasi_Dengan tujuan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat Demi menunjang perekonomian yang stabil, Pemerintah Desa Setialaksana Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi kembali lakukan kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) tahun anggaran 2022.

Dikatakan Rohmat HT kepala Desa Setialaksana, dalam rangka melaksanakan amanah peraturan menteri Desa PDTT Nomor 13 Tahun 2020 tentang prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2022, salah satunya yaitu pelaksanaan Padat Karya Tunai Desa (PKTD), di ikuti oleh masyarakat yang kriterianya sudah ditentukan oleh permendes tersebut.

Dok : Kegiatan PKTD Pemerintah Desa Setialaksana

” Saya yakin pelaksanaan Kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) Setialaksana, sudah sesuai dengan aturan,” Terang Rohmat Hidayatullah.

Lanjut ia, adapun pelaksanaan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) Setialaksana di lakukan oleh masyarakat Desa Setialaksana yang memang benar – benar terdampak akibat pademi Covid-19.

Pelaksanaan Padat Karya Tunai (PKTD) dibagi menjadi tiga titik ditiga wilayah Dusun, yaitu wilayah Dusun Satu, Dua dan Dusun Tiga.Dimulai dengan membersihkan rumput di pinggir jalan sepanjang jalan di wilayah Desa Setialaksana, membersihkan selokan,membersihkan kali garon yang tersumbat akibat banjir beberapa waktu lalu.” Pelaksanaan Padat Karya Tunai (PKTD) Setialaksana dilakukan serentak di tiga titik ditiga wilayah Dusun, diikuti oleh 300 orang warga masyarakat,” Ucap

Akibat pandemi COVID-19 yang berdampak langsung terhadap masyarakat Desa, hilangnya mata pencaharian/pekerjaan, khususnya bagi masyarakat yang berada di Desa Setialaksana. Padat karya Tunai(Cash For Work) menjadi solusi tepat dan merupakan kegiatan pemberdayaan bagi masyarakat yang bersifat produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumberdaya, tenaga kerja, dan tekhnologi lokal.

” Program PKTD yang di prioritaskan bagi masyarakat penganggur, setengah penganggur, anggota keluarga miskin,serta Anggota keluarga marginal lainnya dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Setialaksana, membantu masyarakat untuk memberikan tambahan upah/pendapatan, mengurangi kemiskinan, dan sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat akibat dampak pandemi,” Tutup Rohmat Hidayatullah Kepala Desa Setialaksana.

(Purnama)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *