Vaksin Dosis 3, Warga Penuhi Kantor Desa Jayalaksana

AnalistikNews||Kab Bekasi_Adanya intruksi presiden Jokowi yang mengharuskan warga untuk melakuan suntik vaksin tahap tiga agar dapat mudik ke kampung halamannya pada saat lebaran, intruksi tersebut juga diterapkan kepada warga Desa Jayalaksana kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi.Sebab, kegiatan vaksinasi tahap 3 atau vaksin booster dilakuan bukan hanya kebutuhan persyaratan untuk mudik lebaran, melainkan suntik vaksin dosis 3 adalah bertujuan membantu meningkat antibodi sehingga resiko penularan virus Covid-19 bisa dimaksimalkan.

Vaksin dosis ketiga ini dinilai dapat meningkatkan efektivitas vaksin COVID-19 yang sebelumnya sudah diberikan. Seiring berjalannya waktu, efektivitas vaksin dosis 1 bisa melemah, sehingga perlindungan terhadap virus pun menurun. Maka dari itu, diberikan vaksin tambahan untuk membentuk kembali antibodi dan memperpanjang perlindungan.

Kegiatan suntik vaksin dosis 3 di desa Jayalaksana kecamatan Cabangbungin

”kegiatan suntik vaksi dosis ke 3 ini bertujuan agar nantinya seluruh masyarakat khususnya di Desa Jayalaksana dapat terhindar dari paparan virus COVID-19, ” ucap Irwansyah kepala Desa Jayalaksana pada saat di wawancarai di sela kegiatan vaksin, Sabtu 09/04/2022.

Sejauh ini, pemberian vaksin dosis ketiga ditargetkan pada masyarakat yang sudah menerima dosis kedua lebih dari 6 bulan, berusia di atas 18 tahun, lansia, orang dengan daya tahan tubuh lemah, serta pengidap penyakit tertentu alias komorbid. Di Indonesia, pemberian vaksin booster dilakukan dengan homolog (sama dengan vaksin sebelumnya) dan heterolog (berbeda dari jenis vaksin sebelumnya).

“Kita akan terus mempercepat penyaluran vaksin Booster ini, Untuk kegiatan Vaksin malam ini sebanyak 200 dosis” tambah Irwan.

Walau kegiatan dilaksanakan dibulan ramadhan, antusias warga terlihat cukup tinggi ditandai dengan membludaknya warga masyarakat yang memenuhi halaman kantor Desa.

”Kami atas nama Pemerintah Desa akan terus mendorong upaya vaksinasi untuk meminimalisasi dampak dari Covid-19 pada masyarakat. Hal ini termasuk dengan memberikan vaksin dosis 1,2 dan 3 atau Booster” tutupnya.

(purnama/red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *